Rabu, 21 Desember 2011

Surat Untuk Bunda



Seorang anak kecil bertanya pada Tuhannya,
"Rabbi, Mengapa Bundaku sering menangis?"

Allah menjawab, "Karena ibumu seorang wanita.
Aku menciptakan wanita sebagai makhluk yang istimewa.

Aku kuatkan bahunya untuk menyangga dunia
Aku lembutkan hatinya untuk memberi rasa aman

Aku kuatkan rahimnya untuk melahirkan benih manusia
Dan bersabar atas kerewelan yang sering datang dari putra-putrinya.

Aku memberinya ketegaran yang bisa membuatnya bertahan
ketika semua orang menyerah
dan merawat keluarganya selama sakit dan sehat tanpa mengeluh

Aku beri dia kekuatan memikul beban keluarga tanpa mengeluh
Aku kuatkan batinnya untuk tetap menyayangi buah hatinya
bahkan saat mereka menyakitinya

Aku tanamkan rasa kasih sayang yang akan me-ninabobo-kan buah hatinya
dan berbagi cerita dengan putra-putrinya yang beranjak dewasa

Aku beri dia keindahan untuk melindungi batin suaminya
Aku beri dia kebijaksanaan untuk mengerti bahwa suami yang baik
tak kan pernah menyakitinya,
tapi kadang itu hanya ujian apakah dia wanita setia

Bundamu, makhluk yang sangat kuat
jika kau lihat bunda menangis,
karena Aku beri dia air mata,
yang bisa dia gunakan sewaktu-waktu
Untuk membasuh luka batinnya
dan memberikan kekuatan baru."